Contoh Penggunaan Mesin Absensi

Perusahaan yang telah didirikan sejak 1989 oleh Adiguna ini memiliki lebih dari 30 karyawan dan telah membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia. PT Adiguna adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang finansial memberikan solusi tentang keuangan termasuk pinjaman uang, advisor, dan perencanaan keuangan kepada individu dan organisasi/perushaan lain.

Mengenai solusi pendataan kehadiran karyawan dengan jumlah yang tidak sedikit di perusahaan yang berpusat di Jakarta tersebut, pemimpin perusahaan menggunakan mesin absensi manual saat jumlah karyawan telah mencapai angka 15 beberapa tahun silam. Kemudian, diletakkannya lah sebuah mesin absensi manual di dekat pintu masuk kantor.

Setiap karyawan mempunyai kartu identifikasi masing-masing yang berfungsi untuk mengautentikasi kehadirannnya dengan cara memasukkan dan menekan ID card tersebut ke dalam slot mesin abensi atau punch-in dan punch-out segera setelah tiba di kantor sebelum mulai bekerja dan saat hendak pulang.  Kemudian, mesin absensi tersebut akan mencetak tanggal dan bukti kehadiran karyawan tersebut yang kemudian akan didata dan dipantau oleh bagian HR secara manual.

Sekitar empat tahun yang lalu, staf pimpinan PT Adiguna menyadari akan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin modern. Mesin absensi manual bukan hanya dianggap kuno, melainkan juga tidak akurat dan efektif untuk mendata kehadiran karyawan. Terbukti bahwa beberapa karyawan suka menitipkan kartu absennya dengan teman. Oleh karena itu, untuk mengabsen karyawan yang bekerja setiap harinya kini telah menggunakan mesin absensi sidik jari merk XXX yang dibeli seharga Rp. 2.650.000,-.

mesin absensi sidik jari

Cara penggunaan mesin absensi lebih mudah dan aman pastinya. Sebelum memulai bekerja, karyawan diharuskan untuk menempelkan sidik jarinya ke pendeteksi pada mesin absensi tersebut untuk membuktikan kehadirannya. Tentunya, sidik jari tiap karyawan telah didata terelebih dahulu agar mesin absensi fingerprint tersebut dapat mengidentifikasi dan mengautentifikasi kehadiran karyawan seperti pada berikut:

Untungnya mesin absensi sidik jari telah terintegrasi dengan software di mana data yang masuk akan diolah langsung ke komputer dan kemudian akan diketahui dan dilihat langsung oleh pemimpin perusahaan. Bahkan, selain pendataan karyawan secara otomatis, kemudahan lainnya adalah pengotomatisasian pembuatan laporan untuk menghitung jam kerja karyawan secara keseluruhan dan upah yang mereka dapatkan.

Pada perusahaan yang sama di cabang Surabaya, PT Adiguna telah menggunakan mesin absensi wajah. Pendeteksian dilakukan dengan cara menghadapkan wajah karyawan ke arah mesin absensi untuk dapat teridentifikasi yang tentunya data karakteristik wajah tiap karyawan telah diatur dan disimpan pada software mesin absensi wajah tersebut.

sumber: mesin-absensi.net